Noona! My lovely turtle

Noona!


Hari ini, tepat tadi sore dikabarkan dari kakak perempuanku bahwa Noona mati!
Sontak aku berpikir apa ini sekadar bercanda?! "Kak, ga lagi becanda kan ini..?!"
Foto pun satu per satu dikirimkan oleh kakak ku, sampai proses penguburunnya hingga aku tidak bisa menahan kesedihanku lagi. Bagaikan anak kecil merengek ditinggal selamanya oleh sahabat kesayangan. Aku tidak peduli lagi anak didik ku melihat ekpresi kesedihan yang aku alami sore tadi. Iya, sore menjelang waktu Maghrib.

Kutanyakan lagi, "beneran ga gerak lagi kak?, apa iya dia ga gerak lagi?, dikuburkan dimana?!"

Kakak cuma bilang, "dia mati kaku, dan bau busuk serta keluar ulat dari alat vitalnya".

Bagaimana hatiku tidak berkecamuk dan pikiranku sudah mulai membuat semuanya tidak rasional. Betapa tidak, dua hari sepulang aku dari Kota Padang dengan kegiatan rutinitasku proses studi pasca sarjanaku. Aku pastikan aku membersihkan aquariumnya dengan bersih, dan aku sikat dengan lembut cangkangnya juga tangan dan kakinya.. Aku rendam dengan air hangat sebagaimana aktivitas biasa yang ku lakukan padanya. Semua jenis sulcata memang seperti itu cara merawatnya.  Baru memasuki 2 hari aku pulang ke pondok tempat ku tinggal belajar di Kota Pagaralam. Dikabarkan Noona mati!

Rasa marah pada diri sendiri, kenapa Noona tidak aku bawa ke pondok bersamaku apapun yang terjadi. Bisa rajin membersihkan tempatnya. Begitu banyak yang kami lalui bersama semenjak dari 2014 hingga 2019 akhir ini. Kemanapun aku pergi keluar kota, selalu aku bawa. Makanan pun dari buah dan sayuran favorit kami sama.

Kalo aku lagi banyak rejeki, kami sama-sama makan enak. Contohnya kalo lagi beli buah anggur, nanti aku belah dulu anggurnya agar memudahkannya untuk makan. Terkadang juga puding blueberry dari Jepang, pudingnya aku yang makan sedangkan buah blueberry nya jatah si Noona. Puding Coklat adalah favorite nya Noona.. Puding Vita coklat produk Orang Tua/ OT.

Ikut berjemur saat dia jemur, berjuang bersama saat masa sulit. Makan buat dia terkadang sampai minta sayur belanjaan teman pernah. Sampe pernah dia ga mau makan 2 hari aku panik, aku bawa ke rumah sakit hewan di UGM Jogja. Gokil ya, Noona aja makan vitamin.. Lah yang punya aja jarang-jarang..

Noona hewan yang pintar, dia bisa melihat sekelilingnya kalau diletakkan diatas meja tinggi. Dia tidak ceroboh sampai jatuh dari meja. Dia pasti mundur kalo lihat sekelilingnya tidak ada pijakan aman.

Aku harap, Noona sudah punya sahabat dan teman sejenisnya di dunia sana...

Maafkan aku Noona, kurang menjagamu dengan baik!
Love you always💓🐢🌵

Comments

Popular Posts